Obat Sariawan

Tuesday, January 13, 2009

Sariawan bahasa jawanya Gomen/Lumpangen (dulu mak gw yg bilang) atau bahasa gaulnya Stomatitis(itu dokter gw yg bilang).
Menurut kedokteran stomatitis adalah suatu kelainan (gila kale lain) pada selaput lendìr berupa luka pada mulut yg berbentuk bercak warna kekuningan dengan permukaan agak cekung. Dan bisa menyerang di pipi bagian dalam,lidah,gusi, langit-langit dalam rongga mulut. Kalo dipantat tu namanya Bisul!! Sakitnya pun naudzubilah anjrit atit banget, mendingan sakit jiwa daripada sariawan "kalo gw si ogah semua".

Setelah ditelaah, ditelusuri dan berbagai percobaan serta bukti yg konkrit dari berbagai korban (termasuk gw yg jadi korban, tapi bukan korbannya Ryan), banyak bangets penyebab sariawan. Misalnya, luka tergigit (bukan ma anjing lho,kalo itu mah RABI YES!), Makan eating makanan atau drinking minuman panas, alergi, kurang vit B, C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi (stress), dan kondisi yg lg gak fit. Kalo gw ma keseringan kurang vit C, StresS ma kena gigit gigi gw sendiri.
ATI2 YA! Sariawan dìtempat yg sama selama dua minggu hingga 1 bulan bisa dijadikan indikasi adanya KANKER RONGGA MULUT! Waspada! Waspada! (ìtu kata bang NAPI!)
Eniweii....
Banyak orang bilang, mulai dari temen gw, kakak gw, bu suster, gebetan gw, satpam pabrik, tukang parkir ma tukang siomay yg jualan depan pabrik tiap sore!?

Tkg.Siomay : "ngapa mas kok diem aja?" nanyain sambil nuang sambal kacang diplastik.
Gw : gw julurin lidah sensual gw yg lagi kena ranjau daratnya Israel "ni bang, lg sariawan"
Tkg.Siomay : "Sakit gak mas, pake kol pa telor mbak?" nanyain gw sambil jual ke mak mak sebelah kiri gw yg doyan jajan.
Gw : "Wuenaak mas! Gak sakit, kaya menceti jerawat di mata mas!! puas puas!"

*Sakit gundulmu kuwi mas, makan enak jd gk enak,gak selera. Mau ngomong aja susah gini.(dalam hati, soalnya gk brani. Bisa2 gw dilempar grobak tuh)*
Tkg.Siomay : "kurang Vitamin C tuh, dicocolin sambel aja biar sembuh, beli siomaynya tar aku kasi sambel ekstra ya mas? Biar sembuh!" (dasar pedagang,pìnter aja ngerayu langganan)
Gw : "hahaha kagak mas, makasi! Ni cuma beliin temen gw aja kok, laen kali aja. Lagi vakum dulu maem siomay-nya"
Tkg.Siomay : "WELEH!? WHATDEFK?"

Menurut survei dari 10 orang yg gw tanyai, termasuk tukang siomay gaul itu, Sariawan disebabkan kekurangan Vitamin C.
Menurut penelìtian dilaboratorium kepada 2 lusin saudara tua nenek moyang mbah darwin alias Monkey yg lagi puber.
Separuhnya dikasi makan dengan 2 jeruk orange dan 1 lemon tiap hari. Ternyata kelompok yg diberi makan jeruk ini Mencret-mencret tp gak sariawan. Sementara yg tidak diberi buah mengalami sakit. Kemudian ia menyimpulkan bahwa kekurangan Vitamin C-lah penyebabnya.
Ada juga penelitian terhadap manusia di kapal Inggris,okeh James Lind (1747).hasilnya juga sama.
Pasti nanya "Mencret-mencret ya Slam?"
Ya gak lah, separuh yg diberi makan sehat aja, dan sparuh yg gak dikasi makan kena Scurvy.
pasti nanya "Scurvy tu apa Slam?"
Scurvy aku juga kurang paham, coba klik sini aja


MENCEGAH SARIAWAN :

  1. Kalo makan yg enak, tapi bagi-bagi dunk ma Slam.
  2. Kebersihan mulut dijaga, bersihkan mulut setelah makan (jangan lupa bayar juga)
  3. Kalo sikat gigi jahan terlalu keras atau semangat,jadi bisa luka. Oya sikatnya pilih yang lembut, dan kalau udah njepat (mengembang) kanan kiri ganti yg baru.
  4. Jangan pe kekurangan vitamin B,C dan zat besi, makan sayur ma buah.
  5. Pemasangan gigi (untu) palsu
  6. Luka pada mulut, baik yg disengaja atau karena kecelakaan. Tp kalo ma pasangan gak papa dink? Hehe maunya!(kalo pacaran pegangan tangan aja biar gak sariawan)
  7. Luka pada mulut karena makan/minum yg terlalu panas.(jadi kalo makan yg ati-ati, sante aja cuy)
  8. Jangan stress apalagi gila.
OBAT SARIAWAN :

  1. Sekarang sudah banyak jenis obat yang beredar dipasaran, dari jenis tetes, salep, atau obat kumur. Ataupun tradisional.
  2. (Kalo jamu gw belum pernah denger,ada juga galian rapet ma yg bikin singset. Gak tau kalo bìsa bikin rapet sariawan).
  3. Gw pernah denger : Mas dicocol aja pake garam, atau lombok. (wah penyiksaan om!!! nehi nehi)
  4. Kumur kumur pake garam dapur ( gak sembuh malah,bikin penyakit tuh. Walaupun ada yg pake embel-embel MANJUR! sekarang kan dah ada yg lebih modern dan gaul gitu loch..)
  5. Ada juga pasta gigi yang mengurangi terjadinya sariawan.
  6. Kalo sariawan dah terlanjur parah biasanya disertai demam.(kaya gw ni, kmaren demam sampe 2 hari, kapok dah). Tapi kalo gak kunjung sembuh, segera ke dokter, jangan ke dukun beranak. Bisa bunting luw. Karena sariawan akut bisa menjadi gejala awal adanya kanker mulut.
OBATNYA NI disortìr dari yg Paling mahal:
-Mycostatin (gak atit)
-Kandistatin
-Albotil (katanya ada yg gk Perih,tp atit juga kok? Rasanya kaya nahan kencing 1minggu. Perih euy)
-Kalmitason (bentuk pil,pengobtan dr dalem cm 100 perak per butir)


Gw tulis ni pesan,biar temen2 yang suka digentayangi sariawan, biar bìsa dengan tepat, mengobati.
Oya bagi arek arek suroboyo, HASYAH!! buat smua aja yg punya info buat ngobati sariawan, sharing ya.


Info yang Lainnya :

You Might Also Like

11 komentar

  1. .hhahaha..
    nuy bukan solusi buad sariawan tapi malah pobat suntuk..
    ngakak wae je...
    huhuhuuh....

    ReplyDelete
  2. obatnya manjur tuch....
    beneran udah gw coba,,,,
    alhasil emang gwnya bandel jadi gak sembuh sembuh

    tp satu yang manjur,
    albotil, tp jangan heran kalo makenya bisa bikin anyang anyangen kalo pipis..
    hehehehehehe

    ReplyDelete
  3. postinaganya jgn sama yang di blog ini boi

    #original
    #creative
    #jgn terlalu panjang
    #hehehe....

    ReplyDelete
  4. hag hag hag
    aduw mlh ngiki dewe
    msak sih mpe anyang2 en.hohoho....
    serem jg
    albotil erlalu mhal sh. mending kedokter sekalin.paling dibawah harga albotil.sekalian disuntik.
    asal yg disuntik bukan mulunya yg sariawan
    hihii
    jd apa yak?
    hohohoo....

    ReplyDelete
  5. lha itu masalahnya!!! aku takut ma jarum suntik, apalagi sampe di JUSSS!!
    semenjak KHitanan aku gak pernah disuntik lagi heheh

    ReplyDelete
  6. Jangan lupa habis Koment Terus Senyum yang Mesra ya hehehe.... pasti itu bang... by ilmu farmakologi
    :D :D hahahah

    ReplyDelete
  7. ckkkk... ckkk..... :)) Obat suntuuukkkk.
    Salam peace bro :)

    ReplyDelete
  8. semoga yang sariawan bisa cepat sembuh ya hehehe

    ReplyDelete
  9. coba pergi ke pecinan, minta obat yang serbuk ijo itu. tokcer.

    ReplyDelete
  10. @latre : wahahha ada mbak latre mampir kesini jadi malu nih hehe. coba deh besok ke pecinan
    namanya appa tu serbuk?

    ReplyDelete

Followers